Google Resmi Menghentikan Layanan Google+ Pada 02 April 2019

Bagi para penulis blog tentu sangat mengenal Google Plus atau lebih dikenal dengan G+. Bagaimana tidak karena google plus ini tempatnya para penulis blog untuk berbagi artikel melalui postingan blog mereka.


Kabar terbaru bahwa layanan google plus akan dihentikan, saya juga baru tauh tentang berita ini, hal ini pertama kali diketahui adanya email yang masuk di inbok yang mengatakan bahwa salah satu kontent google plus dihapus oleh pihak google. Isi pesannya kira - kira seperti ini "Konten Google+ Anda telah melanggar Kebijakan Konten dan Perilaku Pengguna Google+, dan hal itu bertentangan dengan Persyaratan Layanan Google+ Akibatnya, konten Anda telah dihapus atau diblokir."


Setelah lama mengutak atik google plus ternyata masalahnya terletak di profil akun google plus, saya sudah kebingungan mencari letak masalahnya, ternyata memang ada pemberitahuan bahwa google akan mulai menonaktifkan akun google plus, untuk saat ini sudah masuk ke tahap yang pertama, semua link yang berkaitan dengan akun google plus dianggap spam oleh google, sampai saya harus membuang link yang ada di blogger.

Google plus ini merupakan anak perusahaan Google yang berfokus pada jasa dan produk dalam layanan internet. Google akan resmi menghentikan layanan Google Plus atau G+ mereka terhitung tanggal 02 April 2019.

Sebenarnya pada bulan desember tahun 2018 pihak Google telah memngumumkan keputusan mereka untuk menonaktifkan Google+ versi konsumen. Sebagai tambahan bahwa Google Plus diluncurkan pada 28 Juni 2011, setelah selama delapan tahun menemani para blogger akhirnya layanannya dihentikan. Hal ini dikarenakan rendahnya penggunaan dan tantangan dalam mempertahankan produk dalam memenuhi ekspektasi konsumen.


Dalam keterangan di laman Support Google. "Kami ingin mengucapkan terima kasih karena Anda telah menjadi bagian dari Google+ dan ingin memberitahukan langkah selanjutnya, termasuk cara mendownload foto dan konten Anda lainnya,". Pada tanggal 2 April 2019 mendatang, akun Google+ Anda dan semua halaman Google+ yang telah dibuat pengguna akan dinonaktifkan dan akan menghapus konten dari akun Google+ konsumen. Selain itu foto dan video dari Google+ di arsip album dan halaman Google+ juga akan dihapus. Tak perlu khawatir Anda dapat mendownload dan menyimpan konten di akun Google+ sebelum bulan April.

Proses penghapusan konten dari akun Google+ konsumen, Halaman Google+ dan Arsip Album akan memakan waktu beberapa bulan, dan konten mungkin akan tetap ada selama waktu tersebut. "Contoh, pengguna masih dapat melihat beberapa bagian dari akun Google+ mereka melalui log aktivitas dan beberapa konten Google+ konsumen mungkin masih dapat dilihat oleh pengguna G Suite hingga Google+ konsumen dihapus," bunyi pernyataan dihalaman tersebut.

Tahap - Tahap Google menonaktifkan Google+

  • Pada 4 Februari 2019, Anda tidak dapat lagi membuat profil, halaman, komunitas, atau acara Google+ baru. Lihat FAQ lengkap untuk mengetahui detail lebih lanjut dan informasi terbaru menjelang diberlakukannya penonaktifan ini.

  •  Pada 4 Februari sampai 7 Maret 2019, jika Anda pernah menggunakan Google+ untuk memberikan komentar di situs Anda sendiri atau situs lainnya, fitur ini akan dihapus dari Blogger.

  • Pada Pertengahan Februari hingga awal Maret 2019, Jika Anda login ke situs dan aplikasi menggunakan tombol Login dengan Google+, tombol ini tidak akan berfungsi lagi dalam beberapa minggu ke depan dan, pada beberapa kasus, akan diganti dengan tombol Login dengan Google. Anda tetap dapat login dengan Akun Google di mana pun Anda melihat tombol Login dengan Google.

  • Pada Awal Maret 2019, Jika Anda adalah pemilik atau moderator Google+ Komunitas, Anda dapat mendownload dan menyimpan data Google+ Komunitas Anda. Mulai awal Maret 2019, data lainnya akan dapat didownload, termasuk penulis, isi, dan foto dari setiap postingan komunitas di komunitas publik.

  •  Pada 2 April 2019, Semua komentar Google+ Anda di semua situs akan dihapus. Sementara itu jika Anda adalah pelanggan G Suite, Google+ untuk akun G Suite Anda akan tetap aktif. Hubungi admin G Suite Anda untuk mendapatkan detail lebih lanjut. Anda juga akan segera melihat tampilan dan fitur baru. Jika Anda adalah developer yang menggunakan Google+ API atau fitur Login dengan Google+, klik di sini untuk melihat dampak penonaktifan ini pada Anda.

 "Terima kasih telah menjadikan Google+ tempat yang spesial. Kami berterima kasih kepada para seniman, pembuat komunitas, dan ahli berpengaruh yang telah menjadikan Google+ sebagai rumah mereka. Semangat dan dedikasi Anda begitu berarti," tulis pernyataan tersebut.


Penutup

Demikian sedikit postingan tentang "Google Resmi Menghentikan Layanan Google+ Pada 02 April 2019 Jangan lupa membaca post saya yang lainnya dengan membaca DAFTAR ISI. Semoga postingan ini dapat bermanfaat.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Google Resmi Menghentikan Layanan Google+ Pada 02 April 2019"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel